INVESTMENT[/caption]

2. Rekening I → INVESTMENT

Rekening investment ini berbeda dengan rekening saving. Rekening ini lebih ditujukan kepada peningkatan aset dalam bentuk imbal balik dari dana yang telah kita investasikan serta untuk kepentingan jangka panjang, sehingga tidak dapat digunakan untuk kepentingan mendadak (dana darurat).

Rekening investment akan memberikan pertumbuhan nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan rekening saving (mengalahkan laju inflasi), tetapi lebih berisiko dibandingkan dengan rekening saving. Harapan keuntungan di masa depan merupakan kompensasi atas waktu dan risiko atas investasi yang teman-teman lakukan. Ada banyak pilihan berinvestasi, antara lain: obligasi, logam mulia (misalnya emas), reksadana, saham, properti, dan sebagainya.

Sebelum melakukan investasi, ada baiknya teman-teman merencanakan tujuan investasi yang jelas dan sistematis di awal sehingga tidak menjadi seorang spekulan. Lakukan perhitungan antara potensi keuntungan, jangka waktu, dan tingkat risiko yang akan teman-teman hadapi. Untuk investor pemula, boleh dimulai dengan logam mulia, obligasi, maupun reksadana. Beberapa jenis investasi, seperti saham, kurang cocok dilakukan oleh investor pemula, karena memerlukan analisis yang lebih mendalam, seperti analisis fundamental dan analisis teknikal.

Catatan dari Sensei:

Ada satu hal terpenting yang harus diingat oleh teman-teman sebelum membuka rekening investment ini, yaitu DIVERSIFIKASI untuk meminimalisir risiko investasi yang dilakukan. Apabila teman-teman memang berniat untuk berinvestasi dalam jangka panjang, maka ada baiknya teman-teman harus konsisten untuk menyisihkan pendapatan setiap bulannya untuk dialokasikan sebagai dana investasi (Minimal 10% dari income bulanan). Walaupun rekening investment ini memberikan keuntungan yang lebih besar dibandingkan dengan rekening saving, jangan pernah coba untuk berinvestasi kalau dana darurat belum tercukupi ya! Nah, setelah mengenal tentang rekening S dan rekening I, mari kita lanjutkan ke rekening yang ketiga yaitu rekening P.

Ditulis oleh:
𝗱𝗿. 𝗦𝘂𝘁𝗮𝗻𝘁𝗼 𝗧𝗮𝗻𝗮𝗸𝗮, 𝗤𝗙𝗘®, 𝗤𝗪𝗣®, 𝗔𝗘𝗣𝗣®, 𝗔𝗪𝗣
Wealth Preservation Specialist
Money Management Specialist
Prudential Premier Financial Advisor
WhatsApp +6287868131288

close

Jangan Lewatkan Artikel Kami!