3. Rekening P → Protection

Rekening protection ini merupakan rekening yang berfungsi sebagai pelindung dari 2 jenis rekening yang sebelumnya. Dengan memiliki rekening ini, teman-teman sekalian tetap dapat mencapai tujuan finansial yang telah direncanakan walaupun kepastian hidup maupun risiko kehidupan datang menyapa.

Rekening protection ini tersedia sebagai Kontrak Uang Pertanggung yang dapat dimanfaatkan oleh si pemilik rekening itu sendiri (manfaat hidup / living benefit), maupun oleh keluarga yang ditinggalkan untuk melanjutkan kehidupan serta mencapai rencana-rencana keuangan di masa depan (manfaat meninggal / death benefit).

Melalui rekening protection ini, kita bisa mengalihkan risiko finansial kepada perusahaan (konvensional), ataupun dengan berbagi risiko di antara sesama peserta pemilik rekening protection ini (syariah).

Rekening protection ini bukan merupakan objek pajak dan tidak tunduk kepada hukum waris, sehingga pada saat pemilik rekening mengalami kepastian hidup, rekening inilah yang paling gampang dicairkan oleh para penerima manfaat dibandingkan dengan kedua jenis rekening yang sebelumnya.

Catatan dari Sensei:

Banyak orang yang masih salah kaprah dengan rekening protection ini. Pada jenis rekening protection yang memiliki nilai tunai (jenis unit link), nilai tunai yang terbentuk itu bertujuan sebagai “dana darurat” yang akan membayarkan biaya yang terbentuk di dalam rekening tersebut, di saat teman-teman sebagai pemilik rekening protection mengalami kesulitan secara finansial. Harus diingat bahwa rekening protection ini bukan untuk dibandingkan dengan rekening investment dan rekening saving, melainkan untuk disandingkan. Kalau diumpamakan, rekening saving itu seperti perahu, rekening investment itu seperti layarnya, dan rekening protection itu seperti pelampung keselamatannya.

Harus diingat bahwa rekening protection ini bukan untuk dibandingkan dengan rekening investment dan rekening saving, melainkan untuk disandingkan. Kalau diumpamakan, rekening saving itu seperti perahu, rekening investment itu seperti layarnya, dan rekening protection itu seperti pelampung keselamatannya.

Ditulis oleh:
𝗱𝗿. 𝗦𝘂𝘁𝗮𝗻𝘁𝗼 𝗧𝗮𝗻𝗮𝗸𝗮, 𝗤𝗙𝗘®, 𝗤𝗪𝗣®, 𝗔𝗘𝗣𝗣®, 𝗔𝗪𝗣
Wealth Preservation Specialist
Money Management Specialist
Prudential Premier Financial Advisor
WhatsApp +6287868131288

close

Jangan Lewatkan Artikel Kami!