Prinsip keempat: 40% untuk Kebutuhan Hidup

Porsi ini idealnya digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Semua dari yang sifatnya kebutuhan pokok seperti sandang dan pangan, biaya transportasi, tagihan utilitas seperti tagihan listrik, air, gas, telepon, internet, televisi, sampai dengan gaya hidup seperti keanggotaan pusat kebugaran dan olahraga, hobi, pakaian, rekreasi, dan sebagainya masuk ke dalam kategori ini.

Jika teman-teman mempunyai income di angka 3 juta sebulannya, maka lebih kurang 1,2 juta (40% dari income) dihabiskan untuk kebutuhan hidup. Cukup atau tidak itu merupakan suatu pertanyaan dengan jawaban yang sangat relatif. Kalau dibilang tidak cukup, buktinya masih terdapat banyak penduduk Indonesia yang mendapatkan penghasilan di bawah itu dan masih bertahan hidup.

Catatan dari Sensei:

Realita yang sering Sensei sering temukan di lapangan adalah masih banyak masyarakat Indonesia yang mempunyai gaya hidup yang tinggi sehingga porsi pengeluaran untuk kebutuhan hidup ini menjadi tidak sehat (lebih besar dari 40% penghasilan bulanan).

Teman-teman harus dapat membedakan antara kebutuhan dengan keinginan. Kebutuhan itu merupakan suatu hal yang wajib adanya, apabila hal tersebut tidak tersedia, akan membahayakan diri kita; sedangkan keinginan itu merupakan suatu hal, yang apabila tidak tersediapun, tidak akan menyebabkan apa-apa terhadap diri kita. Yang namanya keinginan itu tidak terbatas. Belajarlah mengendalikan keinginan, sehingga secara tidak langsung, kita juga dapat menghemat pengeluaran yang sebenarnya tidak diperlukan.

Semua alokasi yang telah Sensei sebutkan di atas bersifat usulan, teman-teman dapat menyesuaikan sendiri sesuai dengan kondisi keuangan masing-masing. Jika teman-teman termasuk ke dalam kategori yang berpenghasilan jauh di atas rata-rata sehingga ternyata teman-teman hanya memerlukan 10% untuk memenuhi kebutuhan hidup, maka teman-teman dapat mengalokasikan kelebihan porsi tersebut ke bagian pertama (untuk kebaikan) maupun ke bagian kedua (untuk masa depan).

Ditulis oleh:
𝗱𝗿. 𝗦𝘂𝘁𝗮𝗻𝘁𝗼 𝗧𝗮𝗻𝗮𝗸𝗮, 𝗤𝗙𝗘®, 𝗤𝗪𝗣®, 𝗔𝗘𝗣𝗣®, 𝗔𝗪𝗣
Wealth Preservation Specialist
Money Management Specialist
Prudential Premier Financial Advisor
WhatsApp +6287868131288

close

Jangan Lewatkan Artikel Kami!