Prinsip ketiga: 30% untuk Cicilan / Hutang yang Produktif

Bagi kebanyakan teman-teman yang membaca artikel ini, adalah hampir tidak mungkin untuk membeli aset seperti tanah dan properti tanpa harus berhutang, Hal ini disebabkan karena harga tanah dan properti yang semakin meningkat setiap tahunnya, sehingga memiliki KPR (Kredit Pemilikan Rumah) atau KPA (Kredit Pemilikan Apartemen) merupakan hal yang wajar untuk ditemukan.
Demikian halnya juga dengan ketersediaan sarana transportasi umum yang masih belum merata dengan fasilitas yang boleh dikatakan belum terlalu bagus membuat teman-teman sekalian masih membutuhkan yang namanya kendaraan pribadi, sehingga cicilan untuk memiliki kendaraan tersebut juga masih merupakan suatu hal yang lumrah.
Apabila ingin membeli suatu barang yang sifatnya konsumtif, belilah sesuai dengan kemampuan. Hindarkan berhutang apabila ingin membeli gadget mewah, barang branded, dan sejenisnya yang bersifat konsumtif. Apabila teman-teman telah terlanjur mempunyai hutang konsumtif ini, Sensei menyarankan untuk dilunasi secepatnya. Nich Sensei bagikan satu kutipan dari Bapak Warren Buffet: “If you buy things you don’t need, soon you will have to sell the things you need”.

Catatan dari Sensei:

Sensei menyarankan agar besarnya cicilan per bulan tidak melebihi 30% dari penghasilan bulanan serta pastikan aset yang dibeli sifatnya produktif serta dapat menunjang pekerjaan.
Taukah teman-teman kalau sewa rumah itu juga bisa dimasukkan ke dalam kategori ini lho. Terus bedanya dengan KPR apa? Kalau KPR, kita mencicil sampai dengan waktu tertentu, sementara kalau sewa, kita mencicil seumur hidup.
Nah, dana darurat dan asuransi diperlukan untuk menjaga porsi 30% ini apabila terjadi resiko, baik resiko secara finansial maupun resiko kehidupan yang mungkin terjadi.

Nah teman-teman sekalian, Sensei sudah membahas 3 bagian pertama, mari kita lihat bagian keempatnya

Ditulis oleh:
𝗱𝗿. 𝗦𝘂𝘁𝗮𝗻𝘁𝗼 𝗧𝗮𝗻𝗮𝗸𝗮, 𝗤𝗙𝗘®, 𝗤𝗪𝗣®, 𝗔𝗘𝗣𝗣®, 𝗔𝗪𝗣
Wealth Preservation Specialist
Money Management Specialist
Prudential Premier Financial Advisor
WhatsApp +6287868131288

close

Jangan Lewatkan Artikel Kami!