Setiap orang punya tolak ukur nominal kaya versinya masing-masing, SETUJU ? Kapan kita merasa diri kita kaya ?

  • Ketika kita mempunyai uang RP 1 M ?
  • Ketika kita mempunyai uang RP 10 M ?
  • Ketika kita mempunyai uang RP 100 M ?

Pertanyaannya, apakah nominal tersebut menjamin kita akan bebas finansial ? Kaya itu diukur dalam jumlah uang, sedangkan bebas finansial diukur dalam jumlah waktu. Nah, indikator dari bebas finansial itu adalah berapa lamakah anda bisa bertahan hidup jika anda sudah tidak bisa aktif lagi dalam mencari pundi-pundi rupiah ?

Seberapa bebas finansial kah diri anda saat ini ?

Bebas finansial = jumlah uang atau harta : ( pengeluaran – penghasilan pasif )

Silahkan anda menghitung jumlah uang/harta yang anda miliki dibagi dengan jumlah pengeluaran anda perbulan yang dikurangin dengan jumlah penghasilan pasif anda perbulan.

Hasilnya akan menunjukkan berapa lama anda bisa bertahan hidup dengan uang/harta yang anda miliki saat anda sudah tidak bisa aktif bekerja lagi.

Mari kita buat contoh ilustrasi

Ilustrasi

Bebas finansial = RP 1 M : ( RP 20 juta – 0 ) = 50

Ilustrasi diatas menunjukkan anda memiliki uang/harta sebesar RP 1 M saat anda sudah tidak lagi bekerja dengan pengeluaran anda perbulan sekitar RP 20 juta, tanpa adanya penghasilan pasif dan hasilnya adalah 50.

Ilustrasi tersebut menunjukkan bahwa anda hanya mampu bertahan dalam 50 bulan dengan uang/harta yang anda miliki. Jadi anda belum termasuk BEBAS FINANSIAL.

Ilustrasi 2

Bebas finansial = RP 1 M : ( RP 20 juta – RP 20 juta ) = @.@

Ilustrasi diatas menunjukkan anda memiliki uang/harta sebesar RP 1 M saat anda sudah tidak lagi bekerja dengan pengeluaran anda perbulan sekitar RP 20 juta, dengan adanya penghasilan pasif sebesar RP 20 juta dan hasilnya adalah Nihil

Ilustrasi tersebut menunjukkan bahwa anda bisa membiayai seluruh pengeluaran anda dari penghasilan pasif anda tanpa mengurangi jumlah uang/harta yang ada miliki. CONGRATS, anda sudah mencapai FINANCIAL FREEDOM.

Untuk mencapai bebas finansial, tidaklah cukup jika anda hanya fokus mengumpulkan uang/harta saja. Fokuslah juga untuk membangun sumber penghasilan pasif yang nantinya bisa membiayai semua pengeluaran anda saat anda tidak aktif bekerja lagi.

Ditulis oleh:
Felix Alpha
Financial Advisor
WhatsApp +628116006014

close

Jangan Lewatkan Artikel Kami!