Boros tak hanya dilakukan kaum wanita. Pria juga ada yang gemar membelanjakan uangnya untuk barang-barang yang mewah. Namun, menghamburkan uang yang diperoleh dari kerja keras hanya untuk memiliki banyak barang jangka pendek, dapat membahayakan masa depan.

Jika Anda memiliki pasangan hidup yang boros, maka masa depan Anda mungkin secara finansial tidak stabil. Memang sangat sulit untuk berkompromi dengan pasangan yang tidak memiliki pandangan yang sama.

Namun ada hal-hal yang patut dicoba untuk menyelaraskan sudut pandang Anda dan pasangan, misalnya dengan bersama-sama mengajaknya untuk memiliki “kesadaran finansial”.

Selagi usia masih muda dan mapan, tidak ada salahnya Anda mempersiapkan hari tua Anda dari sekarang. Waktu terus berjalan, tanpa disadari ternyata Anda sudah tua dan tidak memiliki persiapan apapun untuk mengahadapi keadaan tidak berdaya ini.

Anda tidak akan muda selamanya, dan kemungkinan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan yang mencegah Anda tetap aktif bisa terjadi kapan saja dan dimana saja tanpa diduga sebelumnya.

Apalagi bagi pasangan yang sudah memiliki keturunan, sudah menjadi tanggungjawab Anda sebagai orangtua untuk menjamin kehidupan dan masa depan anak-anak Anda.

Dengan informasi yang begitu mudah didapatkan sekarang ini, bukan hanya cerdas mengadopsi lifestyle belahan dunia lain, pasangan milenial seharusnya sudah lebih melek finansial.

BAGAIMANA CARANYA AGAR ANDA DAN PASANGAN MEMILIKI KESADARAN FINANSIAL?

1. Dapatkan informasi finansial dari berbagai sumber:

Buku, majalah, bacaan online, kursus online dan konsultasi dengan penasehat keuangan yang kini cukup banyak menyediakan layanan konsultasi gratis.

2. Mulai mencatat keuangan Anda sendiri.

Uang masuk, uang keluar, hutang-piutang, dan asset yang Anda miliki.
Catatan ini akan membuat Anda tau pasti apa yang Anda lakukan dengan hasil kerja keras Anda, berapa banyak uang yang keluar tanpa memberi manfaat, dan berapa asset Anda yang sebenar-benarnya setelah dikurangi beban hutang.

3. Mulai mencatat rencana keuangan masa depan Anda.

Misalnya; rumah/mobil yang ingin Anda miliki, rencana sekolah/pendidikan anak, perjalanan yang ingin Anda lakukan. Ini akan memberikan gambaran, kebutuhan Anda dimasa depan, kesiapan Anda dimasa kini dan apa yang harus Anda lakukan untuk mendapatkannya.

4. Patahkan mental konsumerisme Anda.

Ini sudah pasti tantangan yang terberat. Begitu banyak godaan dari hal-hal yang kita lihat dan kita dengar baik dari media maupun pergaulan, karena kita adalah target iklan.

Namun, dengan melihat catatan perjalanan finansial Anda, Anda akan memahami mental Anda sendiri dan mengubahnya menjadi menjadi mental investor. Itulah kekuatan catatan finansial!

5. Persiapkan diri Anda dan keluarga.

Seiring tumbuhnya kesadaran finansial Anda, tentunya Anda juga akan menyadari betapa pentingnya mempersiapkan finansial Anda untuk hal-hal yang tidak terduga, supaya kehidupan keluarga Anda tetap terjamin, andai saja hal yang tidak diharapkan, terjadi!

Kemungkinan dan kepastian hidup yang setiap saat datang menjemput, seperti musibah yang membuat Anda tak mampu lagi menafkahi keluarga, atau kematian yang membuat keluarga yang Anda tinggalkan, hidup dalam ketidakpastian.

Kecerdasan finansial adalah kesigapan Anda berinvestasi untuk kemungkinan-kemungkinan terburuk tadi. Maka berinvestasilah dengan Asuransi Jiwa, Asuransi Pendidikan dan Asuransi Kesehatan untuk perlindungan finansial bagi Anda dan keluarga.

Ditulis oleh:
Dimas Soeganda
Financial Advisor
WhatsApp +6281262338399

close

Jangan Lewatkan Artikel Kami!