Sensei! Topiknya kok seperti itu? Haha…, tenang teman-teman, menghabiskan itu bahasa gaulnya, dalam dunia finansial, seni menghabiskan uang dengan baik dan benar ini kita kenal dengan istilah pengelolaan keuangan.
Mengelola keuangan dengan baik dan benar merupakan hal pertama yang harus dilakukan sebelum memulai investasi. Ngomong-ngomong sudah baca artikel Sensei: Ingin memulai Investasi?

Nah, pasti ada beberapa teman-teman yang bingung. Hubungannya apa ya Sensei? Gampangnya begini, kalau teman-teman begitu dapat income / pemasukan, langsung ludes, apa yang mau diinvestasikan? Oh iya, benar juga ya Sensei, terus bagaimana caranya supaya kita dapat mengelola keuangan dengan baik dan benar?

Mungkin bagi beberapa orang, mereka berpikir hanya dengan memperbesar income, maka otomatis akan tersedia sisa uang yang dapat digunakan untuk memulai berinvestasi. Apakah itu benar? Belum tentu lho, apalagi kalau kenaikan income tersebut disertai dengan kenaikan gaya hidup yang lebih besar pula. Jangankan bersisa, takutnya malah akan muncul hutang-hutang yang konsumtif pula.

Income masuk dijaga dan pengeluaran dikelola. Dengan melakukan pengelolaan keuangan, bukan berarti kita jadinya harus sangat berhemat atau bahkan sampai tidak menikmati hidup sama sekali. Sepanjang direncanakan dengan baik, maka tetap akan ada porsi yang bisa kita pergunakan untuk menikmati hidup dalam batasan yang wajar.

Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengelola keuangan adalah dengan menggunakan prinsip 10 – 20 – 30 – 40. Dimana angka-angka tersebut merupakan persentase dari income yang kita sisihkan untuk masing-masing kategori yang dimaksud.

Catatan dari Sensei:

Taukah teman-teman sekalian, ternyata menyisihkan uang itu berbeda dengan menyisakan uang lho. Untuk bisa melakukan pengelolaan keuangan, teman-teman tentunya harus mulai berdisiplin untuk menyisihkan uang mulai dari sekarang, dan bukan menyisakan ya! Nah, sudah tau apa saja kategori yang dimaksud di dalam prinsip 10 – 20 – 30 – 40?

Ditulis oleh:
𝗱𝗿. 𝗦𝘂𝘁𝗮𝗻𝘁𝗼 𝗧𝗮𝗻𝗮𝗸𝗮, 𝗤𝗙𝗘®, 𝗤𝗪𝗣®, 𝗔𝗘𝗣𝗣®, 𝗔𝗪𝗣
Wealth Preservation Specialist
Money Management Specialist
Prudential Premier Financial Advisor
WhatsApp +6287868131288

close

Jangan Lewatkan Artikel Kami!